Senin, 17 Maret 2008

Microsoft Meluncurkan Lisensi Adobe Flash Lite untuk Windows

Microsoft telah memberikan lisensi kepada Adobe untuk tekonologi Flash Lite sebagai Windows Mobile Operating System dan Browser. Kedua perusahaan tersebut, Microsoft dan Adobe, bekerjasama mengembangkan Flash Lite dan Reader LE sebagai plugin untuk Internet Explorer Mobile pada setiap handset Windows Mobile. Butir-butir perjanjian antara kedua perusahaan tidak dirinci, seperti apa yang akan dilakukan ketika Microsoft juga meluncurkan Silverlight for Mobile yang mana merupakan software sejenis.

Flash Lite merupakan versi minimalis dari Flash Video Player yang merupaka komponen wajib agar setiap perangkat genggam dapat menampilkan situs yang dibuat dengan menggunakan teknologi Flash. Mengingat Flash Lite merupakan versi sederhana dari aplikasi Flash yang lama, maka versi Flash Lite saat ini belum bisa menampilkan secara sempurna website yang didesain dengan Flash versi terbaru, Flash 9.

Saat ini smartphone telah menjadi gadget populer yang membuat penggunanya semakin mudah untuk mendapatkan informasi apa saja di mana saja melalui internet. Dahulu, menampilkan sebuah situs dengan tampilan minimalis pada sebuah handset smartphone bukanlah sebuah masalah.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman dan kebutuhan yang terus meningkat, maka penampilan sebuah situs juga menjadi hal yang diperhitungkan. Para pengguna smartphone menginginkan agar situs yang mereka akses pada smartphone sama seperti ketika mereka membukanya pada sebuah PC, dengan grafis yang kaya dan tampilan video. Dan smartphone memiliki keterbatasan. Tampaknya sedikit lebih sulit untuk membuat tampilan situs pada PC untuk diakses pada smartphone dengan kualitas yang urang lebih sama, mengingat smartphone memiliki layar yang lebih kecil, memory yang terbatas, prosesor yang lebih lambat, dan hidupnya pun bergantung kepada baterai.

Maka teknologi serupa Flash Lite pun menjadi jawaban.

Tidak ada komentar: