Senin, 17 Maret 2008

Flickr Video Versi Beta Diluncurkan Bulan April

Bulan depan diperkirakan YouTube akan mendapatkan pesaing dalam urusan sharing video online. Stewart Butterfield salah satu pendiri dari Flickr, mengisyaratkan bahwa Flickr akan memulai debutnya untuk layanan video sharing yang masih dalam versi beta. Berada pada sebuah jaringan yang sama (Yahoo! Network) tidak berarti bahwa layanan Yahoo! Video akan disatukan dengan Flickr Video.

Hal ini berbeda dengan layanan Yahoo! Photos yang segera digabungkan dengan Flickr setelah Yahoo! mengakuisisinya pada Maret 2005. Menurut Direktur Pengembangan Produk Yahoo!, Kakul Srivastava, Flickr memiliki komunitas dan audiens yang berbeda dengan Yahoo! Video, sehingga kedua program tersebut akan tetap berjalan bersama-sama.

Keputusan untuk mengembangkan Flickr kepada layanan berbasis video ini merupakan hal yang menantang, mengingat Google YouTube sendiri memiliki statistik yang mencengangkan. Menurut comScore Media Metrix, satu dari tiga penayangan video online di Amerika Serikat diakses melalui YouTube. Situs video online yang populer berikutnya adalah MySpace dan Yahoo! Video sendiri.

Secara sederhana, pengembangan Flickr kepada layanan video sharing akan memermudah para penggunanya untuk menyimpan dan menampilkan video yang mereka buat yang selama ini menggunakan layanan situs lain seperti YouTube. Selama ini pengguna Flickr sudah sangat familiar dengan layanan YouTube untuk menyimpan video mereka, dan untuk mengajak mereka untuk menggunakan layanan Flickr sendiri akan menjadi sebuah pekerjaan besar.

Tidak ada komentar: